1 Februari 2011

'robot mobil' teknologi mobil masa depan

APLIKASI ROBOT MOBIL

Seiring berkembangnya teknologi modern dewasa ini dunia teknologi robot mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai robot dibuat dengan spesialisasi atau berdasarkan tujuan tertentu untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu atau dalam mempermudah aktifitas manusia.
Jika dilihat dari struktur dan fungsi fisiknya (pendekatan visual) salah satu jenis robot adalah Robot mobil atau mobile robot. Robot mobil adalah alat yang dapat bergerak secara otomatis untuk melakukan pekerjaan tertentu, diantaranya bergerak menuju lokasi atau daerah yang telah ditetapkan atau menuju sasaran tertentu. Robot mobil mempunyai konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik lain. Dari segi manfaat, penelitian tentang berbagai tipe mobil robot diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak, dan masih banyak lagi.
Menarik sekali apabila robot mobil tersebut nantinya akan dapat diaplikasikan dalam melakukan otomasi di bidang transportasi. Kedepannya robot mobil tersebut akan mungkin berupa kendaraan masa depan bisa berupa mobil atau kendaraan yang lainnya sehingga dapat mengangkut orang. Dikatakan mengangkut karena robot mobil tersebut tidak perlu di kendarai oleh seorang pengemudi karena robot mobil tersebut dapat berjalan sendiri tanpa menabrak hambatan di depannya dan dapat berprilaku seperti pengendara mobil dalam mobil itu sendiri. Itulah robot mobil untuk aplikasi kedepannya
Apakah mungkin sebuah robot mobil dapat diaplikasikan sebagai sarana trasportasi?. Sangatlah mungkin karena telah banyak penelitian robot yang dikembangkan untuk tujuan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nantinya. Seperti robot Advanced Step in Innovative Mobility (ASIMO) buatan honda yang merupakan robot humanoid(konstruksi mirip manusia) yang berprilaku seperti manusia, teknologi robot untuk militer dan industri yang dikembangkan oleh Negara-negara maju, dan pengembangan robot-robot lainnya.
Sedangkan untuk robot mobil salah satu perusahaan yang mengembangkannnya adalah nissan salah satu produsen mobil. Nissan membuat sebuah robot mobil dengan nama BR23C Eporo.Walau robot ini tidak bisa dikendarai namun prinsip kerjanya dapat di terapkan pada mobil. Eporo dapat mendeteksi hambatan dalam bidang 180 derajat pandang menggunakan laser satu alat pengukur jarak sasaran. Dengan mendeteksi hambatan ini Eporo dapat menghindari hambatan tersebut. Eporo juga dapat berjalan bersama-sama dan tidak saling bertabrakan walau bersama-sama menghindari halangan. Prinsip ini didasari dari perilaku kelompok ikan yang memiliki mata disamping sehingga tidak saling bertabrakan jika saat berenang.
Gambar 1. Robot mobil Eporo buatan nissan

Selain Eporo Sebuah mobil robot yang dilengkapi dengan otak elektronik dan mata laser yang dapat melihat ke segala penjuru dan arah dalam seketika, telah dibuat di Jerman untuk memperlihatkan kepada khalayak ramai mengenai bayangan angkutan masa depan, yaitu mobil yang dilengkapi sistem komputer yang dapat mengendalikan kemudi tanpa kesalahan seperti yang lazim dilakukan manusia.
Kendaraan tersebut diberi nama Junior oleh para ilmuwan Jerman. Penampilannya pun sama seperti kendaraan VW Passat warna biru umumnya. Namun kendaraan itu memiliki kemampuan untuk menghadapi lingkungan kota dengan cara bersimulasi, lengkap dengan sistem lalu-lintas, putaran dan sistem satu arah tanpa satu orangpun berada dibelakang kemudi.
Kendaraan VW robotik itu mengendalikan kemudi menggunakan tenaga satelit yang akan memantau posisi GPS dengan alat sensor. Sistem scanning yang menggabungkan 64 tampilan radar laser yang diperuntukkan perorangan, akan memantau ke segala arah dengan rentang jarak 50 meter. Mobil tersebut juga memiliki enam kamera video. Otak mobil Junior dapat memutuskan sendiri rute mana yang harus diambil, membaca peta dan memproses informasi dari instrumen mobil sebanyak hingga 200 kali per detik.Mobil pintar ini tidak hanya dapat menghindari dari tabrakan mobil namun juga menguasai sistem untuk menangani banyak masalah lainnya dalam berkendara.
Salah satu ilmuwan yang ikut merancang mobil pintar itu adalah Dr Mike Montemerlo yang membuat mobil robot ini mampu membuat keputusan dalam berkendara. Memperhitungkan apa yang harus dilakukan adalah cukup sulit dan amat penting dalam berkendara, seperti: "Apakah sekarang giliran saya menyebrang di perempatan ? Apakah saya punya cukup waktu untuk menyeberang perempatan sebelum seseorang menghampiri dan menabrak saya?."
Menurut salah satu perancang Junior dalam jangka waktu 20 tahun mendatang mobil berobot diperkirakan akan menjadi hal biasa yang dapat kita temui di jalan raya dan menciptakan suasana yang aman dan nyaman tentunya. Ia juga mengatakan mobil berobot akan mampu menemukan jalan di tengah peperangan, dapat mengikuti kendaraan yang dijalankan manusia yang ada didepannya, dapat berkonvoi atau dapat bergerak sendiri sama sekali.
Yang tebaru adalah robot mobil yang dibuat Perusahaan teknologi informasi google Seperti dilansir The New York Times, Ahad (10/10/2010), perusahaan itu telah menguji tujuh unit mobil untuk berjalan tanpa pengemudi di jalan raya. Google bahkan telah mengklaim sudah sukses menjalankan enam unit Toyota Prius dan Audi TT sejauh 140.000 Km di California dan sekitarnya.

GAMBARAN UMUM SISTEM KERJA ROBOT MOBIL
Robot mobil pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian antara lain: otak elektronik(sistem computer), actuator(roda), dan bagian mekanik seperti motor, piston, roda(whells), Gigi(gears), pencengkram(grippers), sensor seperti mata(vision), suara(sound), temperatur (temperature), penggerak(motion), cahaya(light), sentuhan(touch) dan lain-lain.
 Secara garis besar rancangan robot mobil adalah memiliki mata(sensor) di gunakan untuk mengamati semua benda yang berada pada lingkungannya seperti halangan berupa mobil lain, orang menyeberang maupun lampu lalu lintas, dan lain-lain. Yang digunakan sebagai mata bisa berupa kamera,sensor ultrasonik, dan  laser.
Penempatan mata robot mobil di letakkan di depan dan di desain sedemikian rupa sehingga memberikan jangkauan pandangan yang luas. Selain di letakkan didepan mata juga dapat di letakkan di bagian lain seperti di samping sehingga menambah informasi tentang lingkungan yang dilalui oleh robot mobil tersebut. Informasi dari mata tersebut akan diolah dengan menggunakan logika fuzzy dan kemudian dapat digunakan untuk mengambil keputusan berjalan lurus, berhenti, atau berbelok.
Masalah utama bagi suatu aplikasi robot mobil adalah kemampuan navigasi yang otomatis dan handal. Sistem control didalam robot mobil sangat kompleks dan menggunakan banyak sekali parameter. Pengolahan parameter-parameter ini akan mengalami kesulitan jika menggunakan suatu rumusan eksak matematis yang rumit. Untuk itu digunakan pengolahan “fuzzy” yang menggunakan rumusan secara linguistik dan rule-based sehingga pengolahannya dapat dipermudah. Keunggulan Fuzzy Logic  adalah dapat mengatasi masalah ketidaklinearan dari sensor robot mobil, mempunyai toleransi yang tinggi terhadap suatu kesalahan, dan sebagai suatu sistem Intelegensia (artifisial intelegency).

CONTOH RANCANGAN APLIKASI ROBOT PADA MOBIL
Contoh rancangan robot mobil adalah rancangan dari google.Google menerapkan Google Street View pada sebuah kendaraan yang memungkinkan mobil bisa dijalankan tanpa bantuan manusia hanya dengan menggunakan kamera video, radar, teknologi laser, serta GPS. Mobil-mobil itu dipasangi alat dibagian atap yang bisa memindai objek 360 derajat dengan daya tangkap lebih dari 200 meter untuk membuat peta 3D mengenai keadaan sekeliling mobil. Sebuah sensor juga diletakkan pada roda kiri belakang dan juga diletakkannya kamera video di kaca depan dekat spion untuk membantu membaca adanya kemungkinan pejalan kaki, sepeda, dan lampu-lampu lalu lintas. Data-data tersebut kemudian dikirim ke komputer onboard pada mobil termasuk pemetaan menggunakan GPS sehingga lokasi mobil terus bisa terpantau oleh pusat data Google.
Gambar 2. Rancangan mobil tanpa supir dari google
Pada dasarnya, perangkat lunak dari komputer onboard akan ‘belajar’ dari rute dan kondisi jalan yang dilewati seperti mengetahui tanda lalu lintas dan garis jalan sehingga mobil sebelumnya bisa beradaptasi dengan karakteristik jalan yang akan dilewati.


Gambar 3. komputer onboard pada mobil rancangan google

2 komentar: